Thursday, May 24, 2012

Torque Convertor

Torque convertor adalah kopling hidraulis yang digunakan pada transmisi automatis. Pada mobil yang menggunakan transmisi matic , pastinya tidak memiliki pedal kopling. Tapi bukan berarti mobil yang menggunakan transmisi matic tidak menggunakan kopling. Banyak masyarkat umumnya menganggap bahwa mobil matic tidak pakai kopling, tapi sebenarnya mereka salah, karena sebenarnya tidak pakai pedal kopling , tapi tetap menggunakan kopling. Dan sekarang saya akan menjelaskan konstruksi  dari torque convertor.

Konstruksi torque convertor:

Dari gambar di atas, Anda dapat melihat bahwa konstruksi dari torque convertor sangat sederhana. Komponen - komponen torque convertor terdiri atas pump impeller , stator dan turbiner runner.
  • Pump impeler adalah komponen yang berhubungan dengan pompa oli pada transmisi matic . Pump impeler diikat permanen dengan sambungan las ke roda gila atau flywheel. 
  • Stator adalah komponen yang berguna untuk melipat gandakan tenaga minyak dalam torque convertor , agar mesin tidak berat dan menjadi mati saat awal memutar transmisi. 
  • Turbine Runner adalah komponen yang berhubungan dengan poros input transmisi. 
Pada torque convertor ini di dalamnya terdapat minyak atau oli sebagai fluida penerus putaran dari roda gila ke transmisi. Demikian penjelasan saya mengenai transmisi otomatis, semoga artikel ini menambah wawasan anda.

No comments:

Post a Comment

Modifikasi pathname pada terminal linux menjadi lebih pendek

Bagi pengguna linux turunan ubuntu seperti ubuntu 16.04 yang saya gunakan, ada beberapa hal yang cukup membuat kita ribet dengan pathname pa...