Friday, May 11, 2012

pegas daun


 hai sahabat blogger saya kembali menyapa anda, kali ini saya akan menjelaskan tentang pegas daun.
 
1. Pegas daun
Untuk mengenali konstruksi pegas daun , silahkan Anda lihat pada gambar di bawah , Pegas daun ini banyak digunakan pada kendaraan dengan daya angkut yang sangat besar, seperti truk, bus, trailer dan lain - lain. Konstruksi pegas daun ini terdiri atas 3 sampai 10 lembar plat baja tipis yang disusun dengan pegas yang paling panjang terletak di bagian paling atas dan makin ke bawah makin pendek. Pada pegas yang paling atas  , di bagian ujungnya digulung sehingga menyerupai mata pegas. Mata pegas inilah yang akan dikaitkan ke frame atau rangka kendaraan.
Pegas daun dari yang atas sampai yang pendek ini disatukan dengan menggunakan spring clip. Di mana semua daun pegas ini berbentuk elips guna menambahkan daya elastisitas pegas tersebut. Kelebihan dari konstruksi pegas daun ini adalah konstruksinya yang kuat sehingga pegas daun ini cocok digunakan untuk kendaraan niaga berbeban berat. Namun pegas daun ini memakan tempat yang sangat banyak , serta jumlahnya pegas yang tidak sedikit sehingga harga dari pembuatannya tidak murah.
Demikianlah pengenalan lebih detail tentang komponen pegas yang digunakan pada suspensi kendaraan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam mengenali suspensi kendaraan Anda .

No comments:

Post a Comment

Modifikasi pathname pada terminal linux menjadi lebih pendek

Bagi pengguna linux turunan ubuntu seperti ubuntu 16.04 yang saya gunakan, ada beberapa hal yang cukup membuat kita ribet dengan pathname pa...