Wednesday, June 6, 2012

Komponen Rem Tromol Tipe Duo Servo


Inilah komponen - komponen rem tromol terakhir yang akan saya bahas dalam postingan blog ini, yaitu komponen - komponen rem tromol tipe duo servo. Dari namanya saja Anda pasti sudah dapat menebak bahwa rem tromol ini adalah penyempurnaan dari tipe rem uni servo. Rem tromol ini memiliki kemiripan dengan tipe rem tromol uni servo , namun hanya sedikit saja perbedaan atau perubahan yang dilakukan pada rem tromol ini. Untuk mempersingkat waktu , maka saya akan jelaskan dan sebutkan komponen - komponen rem tromol yang digunakan pada tipe duo servo.




Komponen - komponen rem tromol tipe duo servo adalah :
  1. Backing plate adalah komponen rem tromol yang menjadi landasan dari kampas rem dan wheel cylinder serta komponen rem tromol lainnya. 
  2. wheel cylinder adalah komponen rem tromol yang menjadi tempat gerak piston rem dalam melakukan pengereman. Pada tipe rem tromol duo servo jumlah pistonnya ada dua dalam satu wheel cylinder , sedangkan untuk satu tromol roda hanya menggunakan satu wheel cylinder saja. 
  3. Piston rem adalah komponen rem tromol yang berada di dalam wheel cylinder dan melakukan gerak maju untuk menekan kampas rem . Gerak maju piston rem ini karena adanya tekanan dari minyak rem. Dan seperti telah saya jelaskan di atas maka satu wheel cylinder berisi dua piston rem khusus untuk tipe rem tromol ini.
  4. Kampas rem : sama seperti rem tromol lainnya jumlah kampas rem dalam satu tromol tetap sama yaitu dua . Kampas rem inilah yang akan bergesekkan dengan tromol rem untuk melakukan pengereman.Pada ujung atas kampas rem ditempatkan atau dipasangkan pada piston rem sedangkan ujung bagian bawahnya ditempatkan pada penyetel rem.
  5. Penyetel rem adalah komponen rem tromol yang berguna untuk mengatur jarak antara kampas rem dengan tromol, sehingga ketika kampas rem mendapat tekanan maju dari piston rem , kampas rem akan dapat cepat bergesekkan dengan tromol rem tersebut.Penyetel rem tipe ini sama seperti tipe uni  serve diposisikan mengambang terhadap backing plate.
  6. Tromol adalah komponen rem yang berhubungan dengan roda. Tromol inilah yang akan menerima gesekkan dari kampas rem dalam upayanya mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
  7. Spring retainer adalah komponen rem tromol yang berguna untuk menjaga agar kampas rem terpasang pada backing plate. Pada tiap kampas umumnya terpasasang satu spring retainer , namun ada juga mobil yang menggunakan dua spring retainer untuk masing - masing kampas rem. 
  8. Tension spring adalah komponen rem tromol yang menjaga agar ujung - ujung dari kampas rem selalu menekan atau piston dan penyetel rem. Tension spring adalah pegas yang berguna untuk mengembalikan kampas rem ke posisi semula setelah pengereman tidak dilakukan , sehingga kampas rem tidak terus menggesek tromol rem. 
Demikianlah komponen - komponen kampas rem tromol untuk tipe duo servo, secara garis besar memang tidak terlalu banyak perbedaannya dengan tipe uni servo . Perbendaan hanya terletak pada jumlah piston rem yang ada di wheel cylinder, di mana pada tipe ini menggunakan dua piston rem pada masing - masing wheel cylinder, namun tipe uni servo hanya menggunakan satu piston rem pada wheel cylindernya.  Sedikit perbedaan inilah yang memberikan dampak pengereman yang berbeda antara tipe ini dengan tipe rem lainnya. Hal itu akan saya jelaskan dalam penjelasan saya mengenai cara kerja dari masing - masing tipe rem tromol.

1 comment:

Modifikasi pathname pada terminal linux menjadi lebih pendek

Bagi pengguna linux turunan ubuntu seperti ubuntu 16.04 yang saya gunakan, ada beberapa hal yang cukup membuat kita ribet dengan pathname pa...