Tuesday, May 8, 2012

Kerusakan pada Ban


Hai sahabat blogger di manapun anda berada, saya kembali menyapa anda dalam postingan saya. Semoga kalian hari ini sedang merasa benar – benar senang.
Kali ini saya akan membahas tentang kerusakan - kerusakan yang sering terjadi pada ban, dan juga sumber penyebabnya.
Topik  materi kali ini , ada 2 sumber utama penyebab kerusakan pada ban. Pertama rusak akibat cacat produksi  dan yang kedua rusak karena pemakaian yang tidak benar. Ban adalah komponen kendaraan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, banyak kecelakaan yang terjadi karena pengendara kurang memperhatikan kondisi dari ban kendaraan mereka.


Kemungkinan penyebab dari kerusakan ban anda  adalah :
  1. Tekanan angin yang  terlalu  rendah atau terlalu tinggi .
  2. Penyetelan roda yang tidak benar ( spooring ).
  3. Beban angkut yang melebihi kapasitas daya angkut dari kendaraan itu sendiri.
  4. Pengendara yang kasar.
Baiklah sekarang akan saya bahas satu persatu akibat dari penyebab kerusakan ban di atas :

1. Tekanan angin dalam ban kurang :
  • Keausan yang tidak merata pada bagian shoulder dari ban.
  • Ban lebih cepat aus dari biasanya, 
  • Keretakan pada daerah side wall dari ban, 
  • Keretakan pada daerah groove dari ban,
  • Cord atau tenunan dalam ban menjadi putus,
  • Bagian tread dan cord menjadi terpisah karena ban cepat panas,
  • Bagian bead dari ban menggesek dengan pelek,
  • Ban dalam menjadi terjepit dengan  ban luar dan pelek, hal ini dapat menimbulkan kebocoran ban dalam.
2. Tekanan angin dalam ban terlalu tinggi :
  • Bagian tengah tread dari ban luar lebih cepat aus, 
  • Pemisahan antara tread dan carcas dari ban luar. 
3. Penyetelan roda yang  tidak benar  ( spooring) :
  • Jika penyetelan toe - in dan chamber salah , maka akan menimbulkan keausan pada satu sisi dari ban luar,
  • Jika penyetelan caster yang salah maka akan menimbulkan keausan yang tidak merata pada ban luar,
  • Jika roda tida seimbang , maka akan timbul getaran pada roda kemudi Anda. 
4. Beban angkut yang melebihi kapasitas mobil itu sendiri :
  • Ban sobek  atau  robek,
  • Ban lebih cepat aus ,
  • Terjadi pemisahan antara tread dengan cord dari ban luar,
  • Terjadi gesekan antara ban luar pada bagian bead dengan pelek.
5. Pengendaraan yang kasar
  • Ban robek 
Demikian penjelasan saya tentang kerusakan yang terjadi pada ban kendaraan anda dan kemungkinan penyebabnya. Semoga bermanfaat, apapun kritik dan saran anda akan saya tunggu di kolom komentar. Kritik dan saran anda akan sangat membangun kemajuan saya.

Terima kasih sudah bersedia mengunjungi blog saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment

Modifikasi pathname pada terminal linux menjadi lebih pendek

Bagi pengguna linux turunan ubuntu seperti ubuntu 16.04 yang saya gunakan, ada beberapa hal yang cukup membuat kita ribet dengan pathname pa...