Friday, May 11, 2012

Shock absorber


Kali ini secara khusus saya akan menjelaskan cara kerja atau prinsip kerja dari shock absorber. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa shock absorber adalah salah satu komponen dalam sistem suspensi, yang berfungsi untuk meredam gaya osilasi dari pegas. Untuk dapat memahami tentang shock absorber , Baiklah cara kerja shock absorber  dibagi menjadi dua peristiwa yaitu : ditekan dan memanjang. Ditekan berarti shock absorber mengalami pemendekkan panjang , sedangkan saat memanjang berarti shock absorber mengalami pemanjangan ukuran.

Konstruksi shock absorber itu sendiri terdiri atas piston, piston rod dan tabung . Piston adalah komponen dalam tabung shock absorber yang bergerak naik turun di saat shock absorber bekerja. Sedangkan tabung adalah tempat dari minyak shock absorber dan sekaligus ruang untuk piston bergerak naik turun. Yang terakhir adalah piston rod adalah batang yang menghubungkan piston dengan tabung bagian atas( tabung luar) dari shock absorber. Untuk jelasnya perhatikan gambar di bawah ini !

No comments:

Post a Comment

Modifikasi pathname pada terminal linux menjadi lebih pendek

Bagi pengguna linux turunan ubuntu seperti ubuntu 16.04 yang saya gunakan, ada beberapa hal yang cukup membuat kita ribet dengan pathname pa...