Wednesday, June 6, 2012

Komponen Rem Tromol tipe Uni servo


Setelah kemarin saya menjelaskan mengenai komponen - komponen rem tromol tipeleading trailing dan  tipe two leading. Maka sekarang tibalah saatnya saya akan menjelaskan komponen - komponen rem tromol tipe Uni Servo. Tipe rem ini agak berbeda dengan kedua tipe sebelumnya , memiliki keuntungan dan kerugian yang sedikit berbeda juga dengan  kedua tipe rem sebelumnya. Saya tidak akan berpanjang lebar lagi, kita langsung saja mulai ke topik pembahasan kita yaitu komponen - komponen rem tromol tipe uni servo .

Komponen - komponennya adalah :
  1. Backing plate : sama seperti semua tipe rem tromol sebelumnya bahwa backing plate selalu ada pada setiap komponen - komponen rem tromol . Karena backing plate adalah landasan untuk penempatan wheel cylinder dan kampas rem.
  2. Wheel cylinder adalah komponen rem tromol  yang berguna sebagai ruang gerak piston rem dalam melakukan penekan terhadap kampas rem. Wheel cylinder ini berisi minyak rem yang berguna untuk melakukan penekanan terhadap piston rem. Berbeda dengan tipe rem tromol sebelumnya , bahwa jumlah wheel cylinder ini hanya satu buah dalam satu tromol rem , dengan jumlah piston rem dalam wheel cylindernya hanya satu juga. 
  3. Piston rem adalah komponen dalam wheel cylinder yang menerima tekanan dari minyak rem untuk diteruskan menekan kampas rem guna melakukan pengereman. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa jumlah piston rem dalam satu wheel cylinder hanya ada satu , yaitu ke arah penekanan kampas rem bagian depan.
  4. Kampas rem adalah komponen rem yang melakukan gesekan terhadap tromol rem guna mengurangi kecepatan putaran dari tromol rem . Kampas rem mendapat tekanan dari piston rem dalam upayanya bergesekkan dengan tromol rem. Dalam satu tromol terdapat dua buah kampas rem yaitu bagian depan dan bagian belakang.
  5. Penyetel rem adalah komponen rem yang berguna mengatur jarak antara tromol dengan kampas rem. Pada tipe ini penyetel rem di pasangkan pada bagian bawah pada ujung kampas rem depan dan kampas rem belakang. Sementara bagian atas dari kampas rem depan dan belakang dipasangkan pada piston rem. Penyetel rem pada tipe rem tromol ini dibuat mengambang terhadap backing plate. 
  6. Tension spring adalah pegas yang berguna untuk merapatkan kampas rem depan dan belakang agar tidak bergesekan dengan tromol terus menerus setelah pengereman dihentikan. Pegas inilah yang menjamin kedudukan kampas rem bagian atas selalu pada posisi nya yaitu di piston rem dan penyetel rem.
  7. Tromol adalah komponen rem yang berhubungan dengan roda . Tromol inilah yang bergesekan dengan kampas rem dalam upaya memperlambat atau menghentikan putaran roda. 
  8. Spring retainer adalah komponen rem yang berguna mengkaitkan kampas rem ke backing plate. 
Secara garis besar tidak ada perbedaan yang terlalu nampak dalam ketiga tipe rem tromol yang sudah saya jelaskan. Namun jumlah piston dan penempatan penyetel rem pada tipe ini akan membuat cara kerja pengereman dari tipe uni servo ini berbeda dengan kedua tipe rem tromol sebelumnya. Namun semuanya itu akan saya jelaskan nanti dalam penjelasan saya tentang cara kerja dari masing - masing tipe rem tromol pada postingan saya berikutnya.
Demikianlah penjelasan saya mengenai komponen - komponen rem tromol pada tipe uni servo, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dalam hal rem tromol. Kritik dan saran Anda sangat saya harapkan dalam penyempuranaan isi dari blog ini. Dan terima kasih juga atas kunjungannya ke blog ini.

3 comments:

Modifikasi pathname pada terminal linux menjadi lebih pendek

Bagi pengguna linux turunan ubuntu seperti ubuntu 16.04 yang saya gunakan, ada beberapa hal yang cukup membuat kita ribet dengan pathname pa...