Cara melakukan perhitungan kecepatan speedometer di sepeda motor , hampir sama dengan cara perhitungan
kecepatan speedometer di mobil. Namun perbedaannya terletak pada komponen –
komponen yang digunakan dalam meneruskan putaran mesin ke roda. Perbedaan yang
paling mencolok adalah pada rantai untuk sepeda motor , sementara pada mobil
tidak menggunakan rantai. Untuk memahami lebih dahulu cara perhitungan
kecepatan speedometer di mobil , silahkan Anda klik di sini.
Baiklah saya akan langsung saja dengan topik artikel
kali ini yaitu perhitungan kecepatan speedometer di sepeda motor. Untuk
mengetahui cara perhitungannya , maka kita harus mengenal dahulu mekanisme
perpindahan tenaga mesin ke roda pada sepeda motor. Mekanismenya adalah sebagai
berikut :
Sepeda motor tanpa kopling tangan
Poros engkol (crankshaft) ------> kopling
sentrifugal ------> gear -------> kopling piringan ------> poros
input transmisi ------> Transmisi -------> gear depan rantai ------>
rantai ------> gear belakang -----> roda
Sepeda motor dengan kopling tangan
Poros engkol ( crankshaft) ------> gear ------>
kopling piringan ------> poros input transmisi -----> transmisi ----->
gear depan rantai -----> rantai ---> gear belakang ------> roda
Proses perpindahan tenaga dari mesin sesuai dengan skema
gambar di atas , untuk cara perhitungannya adalah sebagai berikut:
Sepeda motor tanpa kopling tangan
Jika putaran mesin 2000 rpm = maka putaran poros engkol
2000 rpm (rotasi per menit)
Putaran kopling sentrifugal = 2000 rpm juga
Putaran gear = 2000 rpm juga .
Putaran kopling piringan = 400 rpm ( bila rasio gigi antara
gear dengan rumah kopling piringan 5:1 )
Putaran poros input transmisi = 400 rpm juga
Putaran transmisi tergantung pada kombinasi
percepatan yang digunakan , misalkan kita gunakan gigi 1 dengan rasio gigi 4:1
maka ;
Putaran gear depan rantai = 400 rpm : 4 = 100 rpm
Putaran rantai disini tidak memiliki dampak terhadap
putaran ke gear belakang, untuk itu kita abaikan saja. Karenanya kita lihat
saja rasio antara gear depan dan gear belakang. Misalkan gigi depan menggunakan
10 mata gigi dan gear belakang menggunakan 40 mata gigi , maka rasionya adalah
4 : 1
Maka putaran gear belakang adalah 100 rpm : 4 = 25 rpm
Putaran roda sama dengan putaran gear belakang = 25 rpm
juga.
Bila keliling roda adalah 1,5 meter , maka = 25 rpm x 1,5
meter = 37,5 meter per menit .
Putaran dalam kmH = 37,5 meter x 60 menit = 2250
meter per jam = (2250 : 1000 )= 2,250 km H
Saya ingin ganti gir depan dengan 30 mata dan belakang 10 mata untuk kipas perahu.jika mesin di rpm 1000 maka apakah putan kipas nya 3000 rpm gan?apakah berpotensi merusak mesin?? Karna saya butuh rpm 4000 untuk 1 jam full.. Mesin yang di gunakan jupiter z..
ReplyDelete