Hai
sahabat blogger di manapun anda berada, tak bosannya saya menyapa anda dalam
postingan saya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa karuniakan rahmat-Nya
kepada anda.
Kali ini
saya akan membahas tentang penyetelan karburator pada sepeda motor. Cara
setting karburator adalah mengatur jumlah campuran udara dan bensin di dalam
karburator agar tercipta campuran yang ideal untuk pembakaran di dalam ruang
bakar dengan cara mengatur ketinggian jarum skep dan pembukaan saluran udara.
Yaitu dengan membuka atau mengendorkan sekrup penyetel udara.
Penyetelan ini
bertujuan untuk mendapatkan campuran udara dan bensin yang baik untuk
dimasukkan ke dalam ruang bakar dan dibakar agar menghasilkan tenaga yang
maksimal. Sebaiknya penyetelan atau setting karburator ini dilakukan setelah
karburator dibersihkan terlebih dahulu. Langkah - langkah penyetelan :
1.
Hidupkan mesin sepeda
motor dan biarkan tetap menyala selama 5 sampai 10 menit untuk mendapatkan suhu
kerja mesin yang ideal sebelum anda melakukan penyetelan karburator. Hal ini
juga bertujuan agar oli dalam mesin sudah mengalir dan melumasi semua komponen
mesin terlebih dahulu.
2.
Putar baut penyetel
sekep atau penyetel rpm dengan arah mengencangkan baut penyetel tersebut. Pada
saat dilakukan pengencangan baut penyetel tersebut maka putaran mesin akan
semakin naik , hal ini ditandai dengan suara mesin yang semakin kencang
terdengar. Jangan mengencangkan sampai penuh atau naikkan putaran mesin
secukupnya saja.
3.
kemudian kencangkan
baut penyetel udara dengan cara memutar baut penyetel tersebut dengan arah
pengencangan. Penyetelan ini akan membuat mesin semakin turun RPM nya karena
saluran udara di karburator akan semakin tertutup. Kencangkan baut ini sampai
penuh dan perhatikan juga mesin jangan sampai mati . Jika mesin seperti mau
mati , maka naikkanlah RPM mesin sedikit
saja dengan cara memutar kembali baut penyetel sekep ke arah pengencangan.
Lakukan pengencangan baut penyetel udara ini sampai baut kencang atau saluran
udara tertutup penuh.
4.
Langkah selanjutnya
adalah memutar baut penyetel udara ini ke arah sebaliknya yaitu ke arah
pengendoran baut.. Lakukan ini secara perlahan - lahan sambil mendengarkan
suara mesin akan semakin keras , yang menunjukkan putaran mesin naik.
Perhatikan suara mesin akan terus naik seiring dengan anda mengendorkan baut
penyetel udara tersebut. Tapi setelah rpm mesin naik terus , maka akan ada saat
dimana putaran mesin akan turun kembali , seiring dengan pengendoran baut
penyetelan udara tersebut.
5.
Jika anda mau menyetel
dengan setelan basah , maka lakukan penyetelan baut udara di saat suara mesin
paling kencang . Namun jika Anda mau melakukan penyetelan kering , lakukan
sebelum suara mesin mencapai putaran mesin paling keras.
6.
Setelah anda
menentukan penyetelan baut penyetelan udara dengan setelan basah atau kering.
Maka sekarang Anda harus memutar kembali baut penyetel sekep untuk mendapatkan
putaran langsam dari mesin sepeda motor Anda.
Demikian sedikit penjelasan saya
tentang bagaimana cara penyetelan karburator sepeda motor semoga bermanfaat
untuk anda, terima kasih atas kunjungan anda. Kritik dan saran anda selalu saya
tunggu di kolom komentar.
ternyata Cara Setting Karburator gampang ya..
ReplyDeletetapi sekarang banyak bermunculan Motor Matic Injeksi Irit seperti yamaha mio j.
http://resikobuku.blogspot.com/2012/06/motor-matic-injeksi-irit-harga-murah.html
Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah
l Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah
Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah
Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah
yahahahaha,
ReplyDeleteitu semua tergantung selera masing masing.
setelan basah atau setelan kering yg mana yg lebih bagus masbro
ReplyDeleteTerima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua
ReplyDeletetrimakasih blognya .
ReplyDeletekalau buat karbu mikuni punya rc bravo apa sama
ReplyDeletekalow motor matik jika knalpotnya suka meletus, tuh apanya y gan ?
ReplyDeletekalau motor metic xeon gmana
ReplyDeleteMakasi banyak gan.
ReplyDeleteKalau Untuk Motor Metic Mio Fino Apa Sama Caranya..??
ReplyDeletesalah th agan..
ReplyDeletekalo setingan basah pada saat suara mesin belum mencapai yang paling kencang,
itu lh yg setingan kering pada saat suara mesin mencapai yang paling kencang.
setuju bro.... yg di artikel kebalik
DeleteKalau putaran angin sampai 2,5 putaran itu termasuk basah atau kering
ReplyDeleteMantabs.. supra ane anteng maning..sebelumnya paeh mulu
ReplyDelete