Friday, May 18, 2012

menganalisa peluang usaha


A.     Kompetensi Dasar/standar kompetensi 12 :  Menganalisis Peluang Usaha
B.     Kelompok : 12
C.     Bahan Diskusi :
Amatilah lingkungan usaha di sekitar sekolah atau lingkungan lain kemudian diskusikan di kelompok anda mengenai :
a.       Identifikasi usaha yang ada,
b.      Menggali ide dengan beberapa pendekatan,
c.       Tentukan ide yang potensial,
d.      Jelaskan alasan pemilihan ide atau peluang tersebut,
e.       Nilailah kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha.

D.     Hasil Diskusi :

a.       Identifikasi usaha yang ada : Usaha pembuatan tahu
Usaha pembuatan tahu merupakan jenis usaha Home Industry, karena usaha tersebut biasanya di lakukan oleh perorangan dan di produksi langsung dari proses awal hingga akhir di dalam atau dilingkungan rumah mereka. Usaha ini tergolong dalam Usaha Kecil Menengah (UKM ). Untuk memulai usaha ini tidak memerlukan modal yang besar. Bahan – bahan bakunya juga mudah didapatkan dan murah. Biasanya bahan baku berupa kedelai tersedia di koperasi.
b.      Menggali ide dengan beberapa pendekatan
1.      Pendekatan Produk
Saya bekerja sebagai buruh pada seorang pengusaha tahu di dekat rumah, dan saya telah lama menjadi buruh dalam usaha pembuatan tahu. Jadi pengalaman saya juga sudah banyak. Kemudian setelah saya mempunyai cukup modal saya putuskan untuk memulai usaha sendiri dalam bidang yang sama.
2.      Pendekatan Pelanggan
Sebagian besar masyarakat di lingkungan saya banyak yang mengkonsumsi tahu sebagai lauk sehari – hari. Tahu ini dapat di jual kembali kepada usaha kecil atau pengecer lainnya. Saya memiliki keterampilan untuk membuat tahu, sehingga saya dapat mendirikan usaha pembutan tahu.
3.     


Mind Mapping
c.       Ide yang potensial : yaitu dengan melakukan pendekatan produk
d.      Alasan pemilihan ide/peluang tersebut:
~karena ide tersebut sangat cocok dengan keadaan saya sebagai buruh pembuatan tahu dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar
e.       Kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
~ Kemungkinan keberhasilan 90%
~ Kemunginan kegagalan 10%



No comments:

Post a Comment

Modifikasi pathname pada terminal linux menjadi lebih pendek

Bagi pengguna linux turunan ubuntu seperti ubuntu 16.04 yang saya gunakan, ada beberapa hal yang cukup membuat kita ribet dengan pathname pa...