Hai sahabat
blogger, jumpa lagi dengan saya dalam artikel ini. Kali ini saya akan
menjelaskan tentang Pompa bahan bakar pada mobil. Pompa bahan bakar yang akan
saya jelaskan kali ini merupakan tipe pompa mekanik.
Gambar 3. Pompa bahan bakar mekanik
Pompa bahan bakar yang biasa digunakan pada motor bensin adalah pompa bahan
bakar mekanik dan pompa bahan bakar listrik.
Pompa bahan bakar mekanik digerakkan oleh mesin itu sendiri, sedang pompa
bahan bakar listrik digerakkan dengan arus listrik. Biasanya pompa ini di
gerakkan dengan bantuan camshaft. Cam akan mendorong rocker arm untuk
menggerakkan pull rod, Ada dua jenis pompa bahan bakar mekanik yaitu pompa
bahan bakar yang dilengkapi dengan saluran pengembali dan pompa bahan bakar
tanpa saluran pengembali. Namun demikian konstruksi dan cara kerjanya sama.
Pada mesin-mesin terdahulu umumnya saluran pengembali ada di karburator, sedang
mesin-mesin sekarang saluran pengembalinya ada di pompa bahan bakar.
Pada saat rocker arm
ditekan, maka arm akan menarik diaphragm ke bawah, sehingga katup inlet
terbuka, dan bensin terhisap. Pada saat arm tidak ditekan pegas akan
mengembalikan arm ke posisi semula, sehingga diaphragm akan kembali keposisi
semula karena dorongan pegas. Bensin yang ada diatas diaphragm akan mendorong
katup outlet untuk terbuka dan katup inlet untuk menutup. Pada saat bensin
dikarburator penuh pegas tidak dapat mengembalikan diaphragm ke posisi semula
sehingga pemompaan bahan bakar terhenti .
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda,
atau dapat menjadikan referensi untuk anda. Terima kasih sudah bersedia
mengunjungi blog saya, kritik dan saran anda selalu saya tunggu di kolom
komentar demi kemajuan blog saya ini. Terima kasih.
No comments:
Post a Comment