Sekarang
saya secara khusus akan membahas macam - macam rem tromol pada kendaraan
khususnya adalah pada mobil. Rem tromol sebagaimana anda telah ketahui terdiri
atas tromol , kampas rem dan cylinder wheel. Secara garis besar rem tromol
dibagi menjadi 4 macam yaitu :
- leading and trailing
- two leading
- uni servo
- duo servo
Keempat macam rem tromol itu memiliki kelebihan dan kekurangan
masing - masing. Kali ini saya akan membahas secara konstruksinya saja,
untuk cara kerja dan kelebihan dari masing - masing rem tromol tersebut akan
saya bahas dalam postingan berikutnya. Baiklah kita langsung saja pada ke empat
macam tipe rem tromol tersebut :
1. Leading and trailing
Rem tromol tipe ini memiliki satu cylinder wheel dan satu anchor pin. Cylinder wheel adalah tempat piston mendapatkan tekanan dari minyak rem untuk bergerak ke luar dan mendorong kampas rem. Di mana dalam satu cylinder wheel terdapat dua buah piston. Adapun cara kerja akan saya bahas secara khusus dalam postingan berikutnya.
Rem tromol tipe ini memiliki satu cylinder wheel dan satu anchor pin. Cylinder wheel adalah tempat piston mendapatkan tekanan dari minyak rem untuk bergerak ke luar dan mendorong kampas rem. Di mana dalam satu cylinder wheel terdapat dua buah piston. Adapun cara kerja akan saya bahas secara khusus dalam postingan berikutnya.
2. Two leading
Pada rem tromol tipe ini terdiri atas dua cylinder wheel dengan masing - masing cylinder wheel memiliki satu piston. . Sementara pada satu sisi lainnya dari cylinder wheel dilengkapi dengan penyetel. Cylinder wheel ini terpasang pada backing plate.
Pada rem tromol tipe ini terdiri atas dua cylinder wheel dengan masing - masing cylinder wheel memiliki satu piston. . Sementara pada satu sisi lainnya dari cylinder wheel dilengkapi dengan penyetel. Cylinder wheel ini terpasang pada backing plate.
3. Uni servo
Rem tromol tipe ini memiliki satu buah cylinder wheel dan satu buah penyetel rem yang mengambang. Maksud dari mengambang adalah penyetel rem ini tidak terpasang pada backing plate dengan baut atau pun secara permanen ke backing plate. Sementara di dalam cylinder wheel hanya terdapat satu buah piston.
Rem tromol tipe ini memiliki satu buah cylinder wheel dan satu buah penyetel rem yang mengambang. Maksud dari mengambang adalah penyetel rem ini tidak terpasang pada backing plate dengan baut atau pun secara permanen ke backing plate. Sementara di dalam cylinder wheel hanya terdapat satu buah piston.
4. Duo servo
Rem tromol tipe ini memiliki satu buah cylinder wheel dan satu buah penyetel rem yang mengambah juga. Perbedaan rem tipe ini dengan rem uni servo adalah pada rem tipe ini memiliki dua buah piston di dalam cylinder wheel.
Rem tromol tipe ini memiliki satu buah cylinder wheel dan satu buah penyetel rem yang mengambah juga. Perbedaan rem tipe ini dengan rem uni servo adalah pada rem tipe ini memiliki dua buah piston di dalam cylinder wheel.
Demikianlah konstruksi dari 4 macam tipe rem tromol pada kendaraan
secara khususnya pada mobil. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda
dalam pengetahuan tentang rem tromol pada kendaraan.
No comments:
Post a Comment