Sekarang saya akan menjelaskan konstruksi dari
tangki bensin pada mobil. Pada mobil letak tangki biasanya diletakkan pada
bagian belakang mobil , peletakkan tangki ini umumnya jauh dari mesin. Adapun
tujuan peletakkan tangki jauh dari mesin adalah untuk faktor keamanan agar
tangki tidak meledak karena adanya panas mesin. Maka itulah tangki sengaja
diletakkan jauh dari mesin.Perancangan tangki bahan bakar pada mobil pun
tidaklah sederhana, tangki bensin ini dibuat atas dasar perancangan yang
matang. Ini semua bertujuan agar tangki aman dan permukaan bensin dalam tangki
tetap stabil , walaupun mobil sedang dalam posisi jalan yang tidak rata. Jika
mobil melalui jalan yang tidak rata , maka bensin dalam tangki akan terombang -
ambing yang mengakibatkan penyedotan bensin dari tangki akan terganggu, dan
berakibat mesin akan tidak stabil hidupnya atau bahkan mesin dapat mati. Untuk
lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar konstruksi tangki bensin mobil dan baca
penjelasan saya tentang konstruksi tangki bahan bakar di bawah ini.
- Separator adalah komponen dari tangki bahan bakar yang gunanya menjaga kerataan permukaan bensin dalam tangki di saat mobil mendapat kejutan karena jalan yang tidak rata , serta pada saat jalan menurun atau menanjak.
- Lubang masuk bensin adalah komponen dari tangki bensin yang menjadi saluran masuk dari tangki pada saat melakukan pengisian bensin ke tangki.
- Selang udara adalah komponen tangki yang berguna untuk memudahkan pengisian bensin ke tangki bensin. Selang udara ini berguna sebagai ventilasi saat pengisian bensin dilakukan.
- Fuel gauge sender unit adalah komponen dari tangki bensin yang berguna sebagai indikator untuk mengetahui jumlah bensin dalam tangki bensin, yang di mana pengemudi dapat melihatnya dari dashboard. Atau bisa dikatakan fuel gauge adalah sensor untuk mengetahui jumlah bensin dalam tangki.
- Saringan adalah komponen dari tangki bensin yang berguna untuk menyaring kotoran yang terkandung dalam bensin sebelum masuk ke dalam fuel inlet tube.
- Fuel inlet tube adalah komponen dari tangki bensin yang berguna sebagai saluran keluar bensin untuk dialirkan ke karburator
- Saluran kembali adalah komponen dari tangki yang berguna sebagai saluran pengembalian bensin dari pompa bensin atau dari karburator , bila karburator sudah penuh dengan bensin.
- Sub tank adalah tangki kecil dalam tangki bensin yang berguna untuk membentuk ruang bagi bensin agar tidak terjadi kekosongan bensin yang akan disedot melalui saringan.
- Drain plug adalah komponen berupa baut yang berguna untuk membuka saluran pengurasan tangki bensin pada bagian bawah tangki.
Demikianlah penjelasan saya mengenai Tangki Bensin, semoga
artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dalam hal system bahan bakar
konvensional. Kritik dan saran Anda sangat saya harapkan dalam penyempuranaan
isi dari blog ini. Dan terima kasih juga atas
kunjungannya ke blog ini.
mungkin ini cocok dengan pengalaman saya, bensin tumpah pas ngisi. karena ventilasi kurang sip. thanks for sharing....
ReplyDelete