Hai
sahabat blogger dimanapun anda berada, saya kembali menyapa anda dalam artikel
saya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Dashpot pada karburator.
Apabila
mesin sedang berputar pada putaran tinggi, kemudian tiba-tiba kunci kontak
dimatikan, maka pada ruang bakar akan terjadi kelebihan bahan bakar. Bahan
bakar masuk ke ruang bakar dalam jumlah banyak karena kevakuman yang
terjadi di bawah katup throttle cukup tinggi. Hal tersebut dapat terjadi karena
katup throttle pada posisi menutup, sementara putaran mesin masih tinggi.
Gambar 31. Dashpot
Fungsi dashpot adalah untuk memperlambat penutupan katup throttle dari putaran tinggi, sehingga tidak akan menambah emisi gas buang. Adapun cara kerjnya adalah sebagai berikut :
Selama pengendaraan berjalan normal, tidak
ada vakum pada TP port, sehingga pegas dalam TP port menekan diafragma ke kiri
menggerakkan TP adjusting screw ke kiri.
Selama perlambatan, tuas pengait pada
katup throttle menyentuh adjusting screw, mencegah katup throttle menutup
penuh. Kemudian vakum dari TP port bekerja pada diafragma melalui jet
memungkinkan katup throttle berangsur-angsur menutup.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda,
atau dapat menjadikan referensi untuk anda. Terima kasih sudah bersedia
mengunjungi blog saya, kritik dan saran anda selalu saya tunggu di kolom
komentar demi kemajuan blog saya ini. Terima kasih.
trims mas, ilmunya bermanfaat..
ReplyDeletesama-sama senang bisa membantu
ReplyDelete