Mengenal ring
piston dalam mesin otomotif adalah bahan topik pembahasan kita kali ini.
Seperti kita telah ketahui bahwa letak ring piston terpasang pada alur yang
berada di piston. Jumlah ada beberapa macam tergantung pada tipe mesin yang menggunakan
ring piston tersebut. Namun secara mudahnya kita dapat membedakannya
berdasarkan proses kerja dari mesin tersebut. Untuk mesin yang menggunakan
siklus kerja 4 tak biasanya menggunakan 3 ring piston, yang terdiri atas 2 ring
kompresi dan 1 ring oli. Sementara untuk mesin yang menggunakan siklus kerja 2
tak menggunakan 2 ring piston yang mana kedua ring piston itu adalah ring
kompresi. Untuk mesin 2 tak tidak menggunakan ring oli , karena oli yang untuk
melumasi silinder dan piston sudah tercampur bersama bahan bakar untuk
terbakar. Tapi untuk mesin 4 tak menggunakan ring oli yang berfungsi untuk
menarik atau melumasi dan membuat lapisan oil film yang tipis antara celah
silinder dengan piston. Sehingga oli tidak habis atau tidak ikut terbakar juga.
Kenapa piston membutuhkan ring piston ?
Agar piston dapat bergerak bebas dalam silinder blok , maka antara piston dan silinder blok harus ada celah. Jika tidak ada celah , maka piston akan macet. Celah ini menimbulkan dampak negatif , yaitu campuran bensin dan udara akan bocor melalui celah - celah tersebut. Untuk itulah maka digunakanlah ring piston , yang berguna untuk memperkecil kebocoran campuran bensin dan udara tersebut. Dan inilah guna ring piston yang kita kenal dengan nama ring kompresi.
Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa ring piston ada dua macam:
Kenapa piston membutuhkan ring piston ?
Agar piston dapat bergerak bebas dalam silinder blok , maka antara piston dan silinder blok harus ada celah. Jika tidak ada celah , maka piston akan macet. Celah ini menimbulkan dampak negatif , yaitu campuran bensin dan udara akan bocor melalui celah - celah tersebut. Untuk itulah maka digunakanlah ring piston , yang berguna untuk memperkecil kebocoran campuran bensin dan udara tersebut. Dan inilah guna ring piston yang kita kenal dengan nama ring kompresi.
Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa ring piston ada dua macam:
- Ring kompresi : berfungsi untuk merapatkan celah antara piston dan silinder blok.Sekaligus berfungsi membentuk ruang bakar bersama piston dan silinder blok.
- Ring oli: berfungsi untuk mengikis oli yang membasahi dinding silinder, agar tercipta lapisan oli yang tipis , sehingga oli tidak habis terbakar.
Untuk mencapai tujuan dan fungsi dari kedua ring piston tersebut ,
maka ring piston harus mempunyai syarat sebagai berikut:
- Tahan terhadap panas dan pemuaian
- Tahan akan keausan
- Tahan puntiran dan tidak mudah patah.
Demikianlah
pengenalan mula - mula mengenai ring piston , saya akan membahas lebih
detailnya dalam postingan berikutnya. Semoga artikel ini dapat menambah
pengetahuan Anda tentang ring piston.
No comments:
Post a Comment