Cara kerjanya adalah :
1. Pada saat pedal kopling diinjak
Pada saat pedal kopling diinjak oleh pengemudi mobil , maka pedal akan menarik mekanisme penggerak dari kopling yaitu kabel kopling kemudian menggerakkan fork atau garpu kopling , lalu menggerakkan release bearing. Gerakkan release bearing ini akan menekan clucth pressure lever dari rumah kopling untuk mengungkit pressure plate bergerak mundur dan tidak menekan plat kopling. Gerakkan mundur pressure plate ini akan melawan gaya pegas dari coil spring. Dengan mundurnya pressure plate ke belakang maka plat kopling tidak akan tertekan ke roda gila , yang berakibat putaran dari mesin tidak akan diteruskan ke transmisi.
2. Pada saat pedal kopling tidak diinjak.
Pada saat pedal kopling tidak diinjak maka coil spring akan menekan pressure plate ke depan dan menekan plat kopling. Plat kopling akan terjepit ol dengan bergeraknya pressure plate ke depan membuat clutch pressure lever akan tertarik ke depan juga , sementara ujung yang satunya dari clutch pressure lever akan menekan release bearing ke belakang. Pergerakkan release bearing ke belakang ini akan membuat garpu atau fork penggerak kopling ikut mundur ke belakang juga , dan membuat kabel dan pedal kopling kembali ke posisi semula.
No comments:
Post a Comment