Saturday, February 11, 2012

macam rumah kopling mobil

Rumah kopling pada mobil adalah salah satu komponen kopling yang berguna untuk menekan plat kopling ke roda gila. Rumah kopling ini dipasangkan ke roda gila menggunakan sambungan baut , sehingga bila roda gila berputar maka secara otomatis pasti rumah kopling pun akan ikut berputar. Secara konstruksi rumah kopling dibedakan menjadi dua macam , yaitu :

1. Rumah kopling tipe coil spring


Rumah kopling tipe ini terdiri atas komponen - komponen sebagai berikut ;

  • coil spring adalah komponen dari rumah kopling yang berguna untuk menekan pressure plate. Coil spring ini dipasangkan di antara pressure plate dan clutch cover.
  • Pressure plate adalah komponen dari rumah kopling yang menekan plat kopling ke roda gila. Pressure plate ini mendapatkan daya tekan dari coil spring. Kekuatan dari penekanan dari pressure plate ini tergantung pada kekuatan dari coil spring itu sendiri.
  • Clutch cover adalah komponen dari rumah kopling yang menjadi rangka dasar dari rumah kopling , serta tempat bagi komponen - komponen dari rumah kopling lainnya. Clutch cover inilah yang akan dirakit dengan roda gila melalui sambungan baut. 
  • Clutch pressure lever adalah komponen dari rumah kopling yang berguna untuk mengungkit pressure plate agar mundur dan tidak menekan plat kopling. Gerakan dari clutch pressure lever ini akan melawan gaya dari pegas coil spring. Hal ini terjadi pada saat pedal kopling diinjak. 
2. Rumah kopling tipe pegas diafragma 


Komponen - komponen dari rumah kopling tipe pegas diafragma adalah :
  • Pegas diafragma adalah komponen dari rumah kopling yang berguna untuk menekan pressure plate. Sama seperti coil spring , pegas diafragma ini juga dipasangkan di antara clutch cover dan pressure plate.
  • Pressure plate adalah komponen dari rumah kopling yang berguna untuk menekan plat kopling ke roda gila. Gaya penekanan dari pressure plate ini karena gaya pegas dari pegas diafragma. 
  • Clutch cover adalah komponen dari rumah kopling yang berguna sebagai rangka utama dari komponen - komponen rumah kopling yang lainnya. Clutch cover ini juga akan dipasangkan pada roda gila melalui sambungan baut.
  • Pivot ring adalah komponen dari rumah kopling yang berguna untuk menahan pegas diafragma agar tetap pada tempatnya. Pivot ring ini juga sebagai tumpuan dari pegas diafragma dalam melakukan pengungkitan terhadap pressure plate agar pressure plate mundur dan tidak menekan plat kopling. 
Demikianlah penjelasan saya tentang konstruksi dari rumah kopling tipe coil spring dan rumah kopling tipe pegas diafragma, semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dalam mempelajari rumah kopling pada mobil . Kritik dan saran Anda sangat saya harapkan dalam mengembangkan isi dari blog ini. 

No comments:

Post a Comment

Modifikasi pathname pada terminal linux menjadi lebih pendek

Bagi pengguna linux turunan ubuntu seperti ubuntu 16.04 yang saya gunakan, ada beberapa hal yang cukup membuat kita ribet dengan pathname pa...