Hai
sahabat blogger dimanapun anda berada, saya kembali menyapa anda dalam artikel
saya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Hot Idel Compensator (HIC) pada karburator.
Apabila
kendaraan berjalan lambat dan temperatur di sekelilingnya tinggi, maka
temperatur di dalam komponen mesin akan naik. Hal tersebut akan menyebabkan
bahan bakar dalam ruang pelampung banyak yang menguap dan masuk ke intake
manifold. Akibatnya campuran udara dan bahan bakar menjadi gemuk sehingga
memungkinkan putaran idel kasar. Oleh karena itu pada karburator perlu
dilengkapi dengan HIC untuk mengatasi masalah tersebut.
Gambar 28. Hot idel
compensator
Pada saat temperatur mesin naik, maka bimetal membuka thermostatic valve, sehingga udara dari air horn mengalir ke dalam intake manifold melalui saluran udara dalam flange sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi normal kembali. Katup thermostatic mulai membuka apabila temperatur di sekeliling elemen bimetal telah mencapai 55˚ C dan akan membuka penuh pada temperatur 75˚ C.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda,
atau dapat menjadikan referensi untuk anda. Terima kasih sudah bersedia
mengunjungi blog saya, kritik dan saran anda selalu saya tunggu di kolom
komentar demi kemajuan blog saya ini. Terima kasih.
No comments:
Post a Comment