Hai sahabat blogger di manapun anda berada semoga selalu dalam lindungan-Nya, jumpa lagi dengan saya dalam artikel
ini. Kali ini saya akan menjelaskan tentang tipe - tipe karburator jika dilihat
dari jumlah barelnya.
Dilihat dari
jumlah barel, karburator dapat dibedakan menjadi:
1)
Karburator single barel
Gambar 14. karburator single barel
Pada karburator single barel, semua kebutuhan bahan bakar
pada berbagai putaran mesin dilayani oleh satu barel. Padahal pada putaran
mesin rendah, diameter venturi yang besar akan lebih lambat menghasilkan tenaga
dibanding diameter venturi yang kecil. Sebaliknya diameter venturi yang kecil
hanya mampu memenuhi kebutuhan bahan bakar pada putaran mesin tertentu, tetapi
pada putaran rendah lebih cepat menghasilkan tenaga. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut maka diciptakan karburator double barel.
2)
Karburator double barel
Pada putaran rendah, karburator double barel cepat
menghasilkan tenaga (output) karena yang bekerja hanya primary venturi yang
mempunyai diameter venturi kecil. Pada putaran tinggi, baik prymary maupun
secondary venturi bekerja bersama-sama sehingga output yang dicapai akan tinggi
karena total diameter venturinya besar. Disamping itu kecepatan aliran maksimal
pada venturi karburator double barel dibanding karburator single barel lebih
kecil sehingga kerugian gesekannyapun lebih kecil.
Gambar 15. karburator double barel
Tujuan dibuatnya karburator double barel adalah untuk
mengatasi kelemahan karburator single barel. Pada karburator single barel,
semua kebutuhan bahan bakar pada berbagai putaran mesin dilayani oleh satu
barel. Padahal pada putaran mesin rendah, diameter venturi yang besar akan
lebih lambat menghasilkan tenaga dibanding diameter venturi yang kecil. Sebaliknya
diameter venturi yang kecil hanya mampu memenuhi kebutuhan bahan bakar pada
putaran mesin tertentu, tetapi pada putaran rendah lebih cepat menghasilkan
tenaga.
Terima kasih sudah bersedia mengunjungi blog
saya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang sistem bahan bakar
pada mobil tipe bahan bakar konvensional.
No comments:
Post a Comment