Friday, March 30, 2012

Rotasi ban pada mobil

Hai sahabat blogger dimanapun anda berada, saya kembali menyapa anda dalam posting saya, kali ini saya akan membahas tentang rotasi pada ban.
Rotasi ban pada mobil adalah salah satu cara melakukan perawatan dan pemeliharaan ban dengan tujuan agar umur ban menjadi lebih awet. Jarang sekali pengemudi mobil yang memperhatikan faktor ini. Perotasian ban ini dilakukan setiap jarak 5.000 km, dan kelipatannya. Teknik perotasian ban ini pun tidak sama , tergantung pada jumlah ban yang dimiliki dari mobil tersebut , termasuk di dalamnya adalah ban cadangan. Selain itu jenis ban luar yang dipakai juga mempengaruhi teknik perotasian ban ini.
Baiklah perotasian ban ini akan saya jelaskan dalam bentuk gambar - gambar di bawah ini, sehingga memudahkan Anda untuk memahaminya.


1. Mobil penumpang dengan ban luar menggunakan ban bias
2. Mobil penumpang dengan menggunakan ban luar tipe radial
 Untuk perotasian ban radial dengan menggunakan roda cadangan maka dapat kita lihat ada 2 garis rotasi pada gambar tersebut. Jika Anda sudah melakukan perotasian ban pada 5 .000 km pertama dengan cara mengikuti garis merah, maka pada 5.000 km berikutnya Anda melakukan perotasian dengan cara menggunakan rotasi garis biru, dan sebaliknya pun demikian dan seterusnya. Perlu Anda ketahui juga , bahwa perotasian ban  ini tidak hanya memindahkan ban sesuai dengan arah rotasinya, namun perlu juga Anda harus lakukan membalik pasangan ban ke pelek. Hal ini dimasudkan agar ban tidak mengalami keausan pada satu sisi saja.

Demikianlah penjelasan saya tentang cara merotasi ban dengan tujuan membuat awet. Semoga artikel ini berguna dalam merawat ban mobil Anda sendiri.

No comments:

Post a Comment

Modifikasi pathname pada terminal linux menjadi lebih pendek

Bagi pengguna linux turunan ubuntu seperti ubuntu 16.04 yang saya gunakan, ada beberapa hal yang cukup membuat kita ribet dengan pathname pa...